Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Penjelasan Mengapa Banyak Pantangan Pasca Melahirkan

Tolongshareya - Sahabat tolongshareya yang dimuliakan oleh Allah SWT,  setelah anda melahirkan, pernahkah menghadapi berbagai pantangan entah itu dari ahli kesehatan atau dari nenek moyang? Bete bukan menghadapinya sahabat tolongshareya? Segala-galanya serba diatur dengan disiplin yang ketat. Ibu pasca melahirkan dilarang ini dilarang itu, harus ini dan harus itu, Benarkah demikian sahabatku

Mengapa seorang ibu pasca melahirkan memiliki banyak aturan?ada banyak perubahan fisik dan emosi yang terjadi pada diri bunda pasca melahirkan, yang semuanya membutuhkan waktu untuk kembali normal. Beberapa kondisi itu kami ringkas dibawah ini :
1. Otot-otot tubuh mengalami kekenduran
Sahabat tolongshareya, melahirkan adalah proses yang luar biasa hebat. Selama masa kehamilan dan masa  kontraksi saat akan melahirkan terjadi ketegangan otot-otot tubuh yang kemudian mengendur pasca proses persalinan terjadi. Semua otot seolah kembali muda sehingga membutuhkan kehati-hatian dalam segala tindak-tanduk.
Kondisi ini sangat memungkinkan sahabat tolongshareya merasa lelah, letih dan pegal-pegal di seluruh tubuh sehingga menyebabkan sahabat tolongshareya sulit tidur.
2. Kondisi jahitan pasca melahirkan
Baik melahirkan secara normal ataupun operasi caesar, sahabat tolongshareya akan memiliki jahitan pada bagian tubuh. Karena itu kita harus hati-hati menjaga pola gerak agar jahitan lekas kembali sempurna.
3. Kondisi rahim
Pasca melahirkan rahim memerlukan waktu untuk kembali pada bentuk dan kondisi semula. Selama kehamilan, rahim membesar dan akan mengecil/mengkerut dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan untuk rahim kembali pada posisi semula.
4. Kondisi perut
Pasca melahirkan perut akan mengendur, tetap menggelembung dan terasa bergoyang saat kita berjalan. Menggunakan gurita atau stagen untuk menyangga perut biasanya memudahkan sahabat tolongshareya untuk mudah dalam melakukan aktivitas.
5. Kondisi payudara
Sejak kehamilan, payudara mengalami proses pembesaran secara bertahap dan akan benar-benar membesar menjelang kelahiran hingga di bulan-bulan awal pasca melahirkan.
Terkadang payudara membengkak dan menyebabkan rasa nyeri. Namun setelah si kecil menyusu dengan aktif, berangsur rasa nyeri akan hilang dan payudara akan kembali pada bentuk semula.
6. Kerja ginjal berat
Pasca melahirkan tubuh akan mengeluarkan cairan yang disimpan selama kehamilan secara perlahan dan bertahap. Biasanya ibu pasca melahirkan akan mengeluarkan banyak keringat dan sering buang air kecil. Saat itu, ginjal sedang melakukan pekerjaan berat. Karenanya kita harus banyak mengonsumsi cairan untuk membantu proses kerja ginjal. Jangan biarkan diri kita mengalami dehidrasi.
7. Kondisi kulit dan rambut
Pasca melahirkan Bunda akan menemui beberapa bagian kulit Bunda (seperti perut, payudara, paha dan pantat) yang berubah warna seperti hitam kecoklatan. Tak perlu khawatir, kondisi ini akan membaik setelah 4 hingga 6 bulan.
Selain itu, kita akan mengalami rambut rontok yang hebat pada minggu atau bulan-bulan awal pasca melahirkan. Tapi itu tidak berlangsung selamanya kok sahabat tolongshareya...
8. Perubahan hormon
Terjadi perubahan hormon secara drastis pasca melahirkan, seperti hormon estrogen dan progesteron yang selama masa kehamilan meningkat tajam dalam waktu 24 jam pasca melahirkan akan kembali normal dengan cepat, penurunan kadar hormon tiroid dan insulin. Hal ini sering memicu bunda mengalami depresi yang sering dikenal dengan postpartum depression.
Nah sahabat tolongshareya, kondisi-kondisi di atas adalah alasan mengapa kita harus ekstra hati-hati menjaga diri pasca melahirkan. Semua demi kebaikan kita bukan dan juga demi kebaikan si buah hati
JAdi  jalani semua dengan penuh kesabaran ya Sahabat tolongshareya.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat tolongshareya khususnya bagi ibu yang baru saja melahirkan si buah hati nya.

Sumber: www.ummi-online.com


Post a Comment for "Inilah Penjelasan Mengapa Banyak Pantangan Pasca Melahirkan"